Akhirnya, Bandara Soekarno-Hatta Punya Punya 3 Landasan Pacu

Posted on

JAKARTA, – Landasan pacu (runway) 3 Bandara Internasional Soekarno Hatta bagi pertama kalinya didarati perdana oleh pesawat komersial, Kamis (15/8/2019).

Pesawat NAM Air Boeing 737-500 dengan nomor penerbangan IN 181 menjadi yg pertama kali mendarat di runway 3, berangkat dari Pontianak dan datang di Soekarno-Hatta sekitar pukul 09.20 WIB.

“Hari ini yaitu bagian dari sejarah Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Untuk pertama kalinya runway 3 didarati pesawat komersial agar konektivitas serta bisa meningkatkan penerbangan di gerbang penting Indonesia ini,” PH SVP of Corporate Secretary Achmad Rifai sesuai siaran pers yg diterima Travel, Jumat (16/8/2019).

Rifai menyebutkan berpuluh tahun Bandara Soekarno Hatta cuma beroperasi dengan beberapa landasan pacu (runway). Proyek Runway 3 bisa dimanfaatkan guna mendukung Soekarno Hatta dalam mempercepat pertumbuhan perekonomian dan pariwisata di Indonesia.

Baca juga: Pilihan Hotel Baru di Dekat Bandara Soekarno Hatta

Adanya Runway 3 membuat kapasitas penerbangan di Soekarno-Hatta meningkat menjadi 114 penerbangan per jam.

Achmad Rifai menyampaikan Runway 3 ketika ini beroperasi dengan panjang 2.500 meter dan nantinya mampu dinyatakan hingga 3.000 meter.