8 Minuman Beralkohol Yang Jadi Ikon Sebuah Negara…

Posted on

– Setiap negara memiliki kekhasan tersendiri, baik itu adat istiadat, kebiasaan, destinasi wisata, maupun makanan dan minuman.

Setiap negara di berbagai belahan dunia memiliki minuman beralkohol masing-masing. Rasa yg dihadirkan juga berbeda, namun esensinya tetap sama merupakan memberikan efek memabukkan.

Berikut ini delapan minuman beralkohol dari semua penjuru dunia yg menjadi minuman khas suatu negara:

1. Baijiu

BaijiuBritannica Baijiu

Tak banyak orang yg tahu tentang minuman ini. Baijiu yaitu minuman yg khas dari China dengan cita rasa yg unik.

Secara harfiah, minuman ini berarti alkohol putih dan dibuat dari sorgum yg yaitu tanaman biji-bijian. Minuman ini memiliki rasa aroma tanah karena difermentasi dalam lubang lumpur dan dimasukkan dalam tembikar. 

Baijiu tak mengacu pada alkohol tertentu melainkan alkohol berbasis biji-bijian yg diproduksi dengan teknik tradisional China.

Minuman ini memiliki kandungan alkohol lebih dari 50 persen. Orang-orang Eropa atau Amerika tidak menyukai minuman ini karena dianggap terlalu keras beserta aromanya.

Baca juga: Mampir ke Desa Bekonang, Sentra Pembuatan Alkohol sejak Zaman Belanda

2. Applejack

 ApplejackBritannica Applejack

Minuman yg paling ikonik di Amerika Serikat adalag Bourbon. Minuman ini sudah diakui Kongres AS sebagai produk khas dari AS.

Namun, ada minuman yg lebih tua dari Bourbon, yakni applejack. Minuman ini sudah sejak abad ke-17, saat penjajah Amerika belajar buat meningkatkan potensi fermentasi sari apel dengan membiarkannya membeku.

Setelah membeku, sari apel itu mulai dipisahkan antara cairan dari es yg membuatnya beku. Proses ini disebut jacking. Sari apel ini kemudian dikonsumsi dengan cara diminum.

Applejack yg dihasilkan pada dasarnya adalah sejenis apel brandy, versi lebih manis dari calvado Prancis.

Pada 1698 seorang penduduk New Jersey bernama William Laird akan memproduksi applejack-nya sendiri. Produksinya ini mendapatkan bantuan dari berbagai pihak.

Ketika itu dikabarkan George Washington meminta resepnya. Akhirnya, Laird membuat pabrik penyulingan komersial berlisensi pertama di AS. Meskipun tekniknya sudah berubah, perusahaan masih dalam bisnis ketika ini.

3. Mezcal

MezcalBritannica Mezcal

Meksiko juga milik minuman khasnya yakni Mezcal. Minuman ini memiliki rasa yg berbeda-beda dan khas di berbagai wilayah Meksiko.

Varietasnya antara yang lain tequila yg yg dibuat dari agave biru (Agave tequilana) 

Setelah produksi massal tequila menjadi terkenal secara internasional, istilah mezcal tiba bagi merujuk pada varietas yg sebagian besar dibuat di Meksiko selatan (terutama Oaxaca) dan biasanya dengan metode tradisional (non-industri).

Sementara tequila diproduksi dengan cara memproses  jantung tanaman agave dalam oven, penyuling mezcal perlahan-lahan dan  memanggangnya di lubang api bawah tanah.

4. Aquavit

AquavitBritannica Aquavit

Aquavit yaitu minuman keras Skandinavia yg memiliki kualitas terbaik yg disuling dari fermentasi kentang atau biji-bijian lain.

Namanya berasal dari bahasa latin, “aqua vitae” atau air kehidupan yg yaitu nama yg cukup umum bagi minuman beralkohol

Swedia menghasilkan paling banyak aquavit, meski Norwegia dan Denmark juga dikenal dengan aquavit versinya masing-masing.