free stats

47 Persen Penderita Sarkoma Tak Hiraukan Gejala

Jakarta – Sebuah studi dari Belgia, mengungkapkan sekitar 47 persen pasien yg menderita sarkoma jaringan lunak membiarkan gejalanya selama sekitar empat bulan sebelum akhirnya menemui dokter.

Setelah itupun, pasien umumnya berkonsultasi ke dokter umum, yg kemungkinan besar cuma mulai menghadapi sesuatu atau beberapa perkara sarkoma sepanjang karier mereka. Tak heran seandainya penelitian di Inggris kemudian juga memamerkan bahwa, karena kurangnya kecurigaan klinis pada gejala awal, 20 persen dokter umum terlambat lebih dari tiga bulan dalam merujuk pasien tersebut ke spesialis.

“Sudah saatnya kami menanggapi sarkoma dengan lebih serius, dan ini mampu kami akan dengan edukasi,” kata Dr. Quek, yg juga mendirikan Singapore Sarcoma Consortium pada tahun 2013 dan Asia Sarcoma Consortium pada tahun 2015 sebagai wadah bagi penelitian dan pendidikan profesional, Jakarta, Rabu, (31/10/2018).

Sarkoma mencakup lebih dari 70 sub-tipe, menjadikannya salah sesuatu tipe kanker yg paling sulit buat didiagnosis. Namun, secara umum pasien mampu dibagi ke dalam empat sub-tipe penting sarkoma: sarkoma jaringan lunak, gastrointestinal stromal tumor(GIST), sarkoma tulang seperti osteosarcoma, dan Ewing’s/Rhabdomyosarcoma. Kedua kelompok terakhir ditemukan terutama pada remaja dan kelompok usia dewasa muda (young adult).