Pentingnya Sarapan Dalam Menjaga Kesehatan

32 views

title

SARAPAN pagi sangat vital. Kegiatan ini memicu metabolism tubuh di pagi hari, menolong membakar kalori sepanjang hari dan juga memberikan energi yg kami perlukan bagi beraktivitas.

Banyak penelitian yg sudah menghubungkan kebiasaan makan pagi dan pengaruhnya terhadap kesehatan, termasuk peningkatan kemampuan memori yg lebih baik serta memperbaiki konsentrasi. Sarapan pagi juga disarankan karena menurunkan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat), memperkecil resiko terkena diabetes, penyakit jantung dan obesitas.

Otot dan otak memerlukan energi yg berasal dari glukosa, pada ketika bangun tidur kadar glukosa ini rendah. Melewatkan pola makan pada pagi hari biasanya mulai mengakibatkan individu merasa kekurangan makanan dan mulai dibalas dengan makan berlebihan di siang atau sore hari.

Sarapan juga menolong kami bagi memperoleh dua macam vitamin dan mineral dari makanan sehat seperti gandum, dan buah. Jika kalian memilih sarapan dari menu yg tak sehat maka tubuh kami kehilangan kesempatan buat mendapat nutrient yg baik ini.

Anak-anak yg melewatkan sarapan mulai lebih cenderung buat makan-makanan yg tak sehat (junk food) sepanjang hari dan biasanya memiliki berat badan berlebih. Sebuah penelitian memperlihatkan hasil yg signifikan di mana anak-anak yg sarapan secara rutin, body mass index-nya jauh lebih rendah dari pada anak-anak yg tak sarapan secara rutin.

Bagi individu yg kurang menyukai sarapan bisa makan sedikit pada ketika sesuatu jam setelah bangun tidur. Namun hindarilah makanan berkarbohidrat tinggi seperti roti goreng atau donut. Sebaiknya sarapan terdiri dari karbohidrat kompleks, protein dan serat. Gandum oatmeal, susu rendah kalori, buah, yogurt atau kacang-kacangan yaitu pilihan sarapan yg baik.

* dr Reza Aditya Digambiro, M.Kes, M.Ked (PA), Sp.PA, Fakultas Kedokteran Universitas Trisakti

Sumber:

http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2404778/pentingnya-sarapan-dalam-menjaga-kesehatan

title

Tags: #Kesehatan

Leave a reply "Pentingnya Sarapan Dalam Menjaga Kesehatan"

Author: 
    author