ASEAN Para Games – Goalball Indonesia Bertekad Raih Emas

33 views

title

Kuala Lumpur (ANTARA News) - Tim olahraga beregu buat tuna netra goalball putra Indonesia bertekad menjadi yg terbaik pada ajang ASEAN Para Games ke-9 di Kuala Lumpur, Malaysia, dengan meraih medali emas.

Pelatih goalball Indonesia Hendrig Joko Prasetyo menyebut, timnya kali ini lebih bersiap dibandingkan dengan keikutsertaan pada ASEAN Para Games edisi 2011 hingga 2015 saat tim Tanah Air terus mendapatkan perunggu.

"Di ASEAN Para Games sebelumnya, kita cuma membawa empat pemain, merupakan tiga pemain di lapangan dan sesuatu cadangan. Sementara di tahun 2017 ini kita diperkuat enam atlet. Karena itulah kalian percaya dapat mendapatkan medali emas," ujar Hendrig di Kuala Lumpur, Malaysia, Sabtu.

Hendrig menyebut, dari enam pemain yg dibawa ke Malaysia, cuma tiga nama yg dipertahankan dari ASEAN Para Games sebelumnya merupakan Arif Setiawan, AK Zailani dan Amirudin.

Sementara tiga atlet debutan di tim Indonesia adalah Syafriandi, Susilo Sudarmawan dan Andi Santoso. Mereka adalah pemain-pemain terbaik yg diseleksi dari Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XV/2016 Jawa Barat.

Adapun laga goalball ASEAN Para Games ke-9 digelar pada 17-23 September 2017 di Hall 8 Malaysian International Trade and Exhibition Center (MITEC), Kuala Lumpur.

Kompetisi goalball ini digelar dalam format setengah kompetisi atau round robin yg mempertandingkan tujuh negara merupakan Indonesia, Thailand, Malaysia, Kamboja, Filipina, Myanmar dan Laos. Di laga pertama, Indonesia mulai berhadapan dengan Laos.

Sementara, selain karena sudah mendapatkan atlet-atlet dengan kemampuan mumpuni, optimisme goalball meraih emas didasarkan pada lancarnya persiapan yg telah dikerjakan dalam pemusatan latihan (TC) di Solo, Jawa Tengah.

"Dari segi fisik, setiap hari anak-anak berlari sejauh empat kilometer di TC. Lalu kita juga lakukan angkat beban dan latihan anaerobik yang lain bagi meningkatkan kecepatan serta daya tahan," tutur Hendrig.

Selain itu, tim goalball Indonesia juga telah melakoni dua pertandingan uji mencoba melawan tim lokal, seperti tim Jawa Barat, Yogyakarta, Sragen, Karanganyar dan Solo yg seluruhnya dimenangi oleh tim Indonesia.

Menurut kapten tim goalball Indonesia, Arif Setiawan, dia dan rekannya pun sudah memiliki keterikatan batin karena telah bersama-sama selama kurang lebih tujuh bulan.

Hubungan seperti ini dianggap utama karena goalball, yg nir-indera penglihatan, adalah olahraga yg mengandalkan perasaan dan pendengaran.

"Kami tidak jarang mengobrol di kamar, bersama-sama membereskan tempat latihan dan terus berkomunikasi sebelum laga. Ketika di Solo, hampir setiap malam kita bercengkrama di angkringan. Intinya, kalian bersiap dan percaya meraih medali emas," tutur Arif, yg menjadi pencetak skor terbanyak cabang olahraga goalball ASEAN Para Games 2015 di Singapura, dengan 53 gol dari tujuh laga.

Editor: Fitri Supratiwi

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Sumber:

http://www.antaranews.com/berita/652981/asean-para-games--goalball-indonesia-bertekad-raih-emas

title

Tags: #Olahraga

Leave a reply "ASEAN Para Games – Goalball Indonesia Bertekad Raih Emas"

Author: 
    author