Oh Snap!

Please turnoff your ad blocking mode for viewing your site content

Finance Highlights

Informasi Nasional Akurat Terpercaya

Pembalut Bekas Ramai-ramai Dikumpulkan Di India

/
/
/
1 Views

category

Jakarta, Di dua daerah termasuk India, menstruasi masih dianggap sebagai topik yg tabu dibicarakan secara umum. Dampaknya kesehatan reproduksi wanita pun kerap terabaikan menjadi salah sesuatu kontributor tingginya angka kematian ibu.

Berkaitan dengan hal tersebut di sesuatu desa di daerah Maharashtra, India, ada kegiatan yg tidak biasa. Peneliti di sana ramai-ramai mengumpulkan pembalut bekas yg telah penuh oleh darah menstruasi. Apa tujuannya?

Baca juga: Deteksi Dini Kanker Serviks, Siapa Saja yg ‘Wajib’ Melakukannya?

Menurut pemimpin studi dr Atul Buduhkh dari Tata Memorial Centre hal ini dikerjakan buat memeriksa para wanita desa tersebut terhadap risiko kanker serviks. Lebih dari seperemat masalah kanker serviks dunia tiba dari India namun masih sedikit dari para wanita yg memeriksakan diri.

Alasannya karena masih sedikit fasilitas pemeriksaan yg memadai dan terutama lagi keengganan para wanita memeriksakan dirinya.

“Para wanita desa ini kadang merasa malu, takut, dan menganggap pemeriksaan kanker serviks sebagai satu yg tak penting,” kata dr Atul seperti dikutip dari BBC, Senin (11/9/2017).

Sebanyak 500 pembalut menstruasi yg dikumpulkan peneliti diambil sampel darah keringnya dan dikerjakan uji tes DNA. Hasilnya diketahui sebanyak 24 wanita positif terinfeksi oleh human papillomavirus (HPV) penyebab kanker serviks dan perlu mendapat penanganan lebih lanjur.

dr Atul menyampaikan tes seperti ini belum dapat dikerjakan secara rutin karena memakan biaya dan waktu. Selain itu tes mungkin cuma dapat menguntungkan wanita yg sedang menstruasi saja.

Oleh karena itu pap smear dan inspeksi visual asam asetat (IVA) masih mampu dianggap menjadi metode terbaik bagi pemeriksaan dini. Satu cara yg dapat dikerjakan agar wanita mau dan berani periksa adalah dengan mendorong penyuluhan lewat tokoh masyarakat.

Baca juga: Infografis: Penyebab Kanker Serviks, Kenali Agar Bisa Dicegah

(fds/mrs)
Sumber:

https://health.detik.com/read/2017/09/12/093107/3638695/763/pembalut-bekas-ramai-ramai-dikumpulkan-di-india

title

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Linkedin
  • Pinterest

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

It is main inner container footer text